Tips Terbaik Merawat Kerajinan Kayu

Kayu mentah atau sering disebut kayu hasil finishing merupakan kayu yang tahan lama. Bahan kerajinan kayu sangat mudah menyerap air, minyak dan bahkan debu. Jadi, kerajinan kayu, perabot atau aksesori rumah, seperti patung, bingkai foto, dan mangkuk hias harus selalu mendapat perawatan rutin.

Cara merawat kerajinan tangan kayu tergantung dari kondisinya: kayu tersebut masih mentah tidak (belum dilapisi) atau kayu yang sudah dilapisi (finishing). Untuk merawat kedua kondisi kerajinan tangan kayu tentu berbeda. Namun, cara merawat mereka tidaklah sulit. Anda bisa menggunakan bahan pembersih dari pabrik atau bahan tradisional.

Kayu mentah
Kayu mentah adalah kayu yang belum dilapisi oleh lapisan anti air dan anti minyak, seperti melamin atau cat. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk merawat kayu mentah:
1. Haluskan permukaan kayu (seperti kayu mini) hingga sudut-sudutnya. Cobalah untuk mengampelas permukaan kayu dengan arah yang sama dengan serat
kayu. Setelah selesai, sapu permukaan kayu yang sudah di amplas dengan memakai kuas.
2. Sikat minyak biji rami dengan menggunakan kuas. Tunggu beberapa menit, sampai cairan masuk ke dalam kayu / miniatur kayu.
3. Gunakan kain lap untuk meratakan sisa cairan pada permukaan kerajinan miniatur kayu (dianjurkan lap bersih). Biarkan kering selama 1-2 jam.
4. Ulangi langkah kedua dan ketiga, sehingga permukaan kerajinan miniatur kayu tertutup dengan sempurna. Akibatnya, kerajinan tangan dan perabotan
kayu Anda terlindungi dari minyak, air, dan kotoran lainnya.

Kayu dengan Finishing
Berikut ini adalah langkah-langkah untuk merawat kayu yang telah dilapisi dengan lapisan melamin atau cat:
1. Bersihkan kerajinan kayu dengan menggunakan kain kering dan bersih.
2. Oleskan lilin pada furnitur kain bersih. Gosok permukaan kayu ke arah yang sama dengan serat kayu. Jangan menekan terlalu banyak. Jika aksesori
kayu Anda diukir, encerkan lilin dengan menggunakan sedikit bensin atau terpentin. Gunakan kuas cat untuk mengoleskannya pada detail.
3. Biarkan 10 menit, dan ulangi langkah 2 untuk mencapai hasil maksimal.

Langkah-langkah untuk Memoles Kayu
Kerajinan kayu yang akan dirawat adalah kayu mentah dan kayu yang telah mengalami finishing. Hasilnya, kayunya lebih mengkilap dan berlapis minyak. Lapisan minyak mencegah air, tetapi sifatnya sementara. Anda bisa melakukan perawatan ini sekali dalam 1-2 minggu. Berikut caranya:
1. Oleskan ampas kelapa pada permukaan kayu. Lalu Gosokkan kayu ke arah yang sama dengan serat kayu. Tekan sedikit, sehingga pulp membentuk butiran
seperti pasir.
2. Biarkan kurang lebih 10 menit lalu cuci residu dengan menggunakan kain kering yang bersih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*